Berkaitan dengan kebutuhan untuk memahami dampak pendidikan terhadap keberhasilan lulusan dalam memperoleh pekerjaan dan berkontribusi dalam masyarakat. Tracer study membantu mengukur efektivitas institusi pendidikan dalam melatih dan mempersiapkan lulusannya untuk dunia kerja. Kegiatan Evaluasi Relevansi Kurikulum, Tracer study membantu institusi pendidikan dalam mengevaluasi sejauh mana kurikulum dan program studi mereka relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Dengan memantau karir dan kesuksesan lulusan, institusi dapat mengidentifikasi area di mana penyesuaian atau peningkatan perlu dilakukan untuk memastikan lulusan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Melalui tracer study, institusi pendidikan dapat mengumpulkan umpan balik dari lulusan tentang kekuatan dan kelemahan program studi mereka. Informasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kurikulum, metode pengajaran, atau pengalaman belajar lainnya, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih berkualitas dan relevan.
Tracer study membantu institusi pendidikan dalam mengevaluasi kualitas pengajaran mereka dengan melihat keberhasilan lulusan dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama studi. Informasi ini dapat membantu institusi mengidentifikasi pengajaran yang efektif dan praktik terbaik yang dapat diterapkan dalam pengajaran di masa mendatang. Tracer study memperkuat hubungan antara institusi pendidikan dengan alumni mereka. Melalui studi ini, institusi dapat melacak keberhasilan karir alumni mereka, menjaga kontak, dan mengembangkan jaringan yang saling menguntungkan antara institusi, alumni, dan dunia industri. Selain itu kegiatan Tracer study memberikan informasi berharga bagi calon mahasiswa yang ingin memilih program studi atau institusi pendidikan tertentu. Data tentang tingkat pekerjaan, gaji, dan kesesuaian pekerjaan dengan bidang studi dapat membantu calon mahasiswa dalam mengambil keputusan yang lebih terinformasi tentang masa depan pendidikan dan karir mereka. Dengan melakukan tracer study, institusi pendidikan dapat menggambarkan dan mengukur dampak pendidikan mereka dalam membekali lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia kerja, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat hubungan dengan alumni.

Fakultas Teknik juga mengimplementasikan kebijakan Universitas Jember dan Kemendikbud Ristek yang dituangkan dalam Permendikbud 03 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN). Sehingga harapannya Fakultas Teknik dapat melakukan transformasi Pendidikan tinggi yang sejalan dan harmonis dengan 8 (delapan) IKU yaitu.
A. IKU 1: Lulusan Mendapatkan Pekerjaan yang Layak
B. IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
C. IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
D. IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
E. IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat Atau Mendapat Rekognisi Internasional
F. IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia
G. IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif
H. IKU 8: Program Studi Berstandar Internasional
I. IKU tata Kelola
Dengan mempertimbangkan kegiatan yang sudah dilakukan dari tahun sebelumnya yang sudah melaksanakan amanat transformasi Pendidikan yang berdasarkan capaian IKU-PTN yang dituangkan tertuang dalam RENOP Prodi 2021 sd 2025. Berpijak pada RENOP Prodi kegiatan tahun berjalan dan akan datang, sehingga program ditahun sekarang akan lebih mudah kita susun tahapan yang akan dicapai Prodi dengan berbagai permasalahannya.